Pengalaman menggunakan Dynamics Ax 2009

Microsoft Dynamics Ax 2009 merupakan produk yang di sediakan oleh Microsoft untuk ERP System. Pembaca bisa membaca pada tulisan teman saya sebelumnya pada blog ini.

Tidak bisa dipungkiri Dyanamics menyediakan berbagai modul dan fasilitas didalam yang bisa digunakan untuk menghandle transaksi-transaksi yang berhubungan dengan industri mulai dari Purchase, Sales, Production, Inventory sampai yang berhubungan dengan Accounting. Memang mantap menurut saya baik dari sisi programming yang begitu rapih sampai pada fungsi-fungsi yang disediakan tapi kalo dilihat lebih jauh minimnya komunitas-komunitas yang membahas mengenai bahasa yang satu ini membuat agak sulit untuk mencari solusi ketika programmer Ax menemui masalah. Seperti Java, konsep yang digunakan dari segi permrograman juga sudah OOP, dimana terlihat semua yang ada didalamnya dianggap sebagai Object. Contoh konkritnya, tabel-tabel di dalamnya dianggap sebagai kelas. yah, kalo dilihat hampir sama dengan konsep hibernate yang memanipulasi tabel lewat kelas-kelas yang disebut sebagai entity. Cara kerja Dynamics Ax sangat baik terbukti dengan transaksi Database yang sudah dihandle, sehingga semua proses sudah dibebankan ke Dynamics Ax itu sendiri. Oleh karena Dynamics Ax merupakan produk Microsft maka “user-friendly” pun tidak luput dari Ax.

Pengalaman menggunakan Dynamics Ax sangat menyenangkan, walaupun kadang sulit mencari fungsi2 yang ada didalamnya. heheheh… 😀 Tapi dari sisi komplit, teratur dan powerfull membuat gaya pemrograman saya yang sudah ada berubah ke Dynamics Ax walaupun sebenarnya bahasa yang saya sering saya pakai adalah Java. Tapi menurut saya itu tidak masalah malah banyak membantu saya dalam hal teknik pemrograman. Bravo programming !

13 Responses to Pengalaman menggunakan Dynamics Ax 2009

  1. yanuar7199 says:

    Dari ceritanya seru nih… kapan” deh kalo ketemu boleh mampir dirumahnya AX.. 😛

  2. daniel says:

    k’ klo proses manajemen seperti DSS,, berarti bisa suport dunk klo pake Ax… kalo disandingkan dengan platform java bisa???

    jd tertarik buat d coba,, x aja bisa di jadiin ref buat skripsi…
    mohon petunjuknya kk…
    ^^

  3. Vyor says:

    @Yanuar : Tar deh saya liatin pas ketemu.!
    @Daniel : Semua itu bisa. Kalo disandingkan dengan Java langsung artinya dari hasil AX di baca oleh Java kayaknya ribet deh. Mungkin ada caranya, tapi saya lum tau karena setahu saya Ax itu unik artinya dikembangkan sama Ms khusus untuk ERP dan saya belum ketemu tuh kalo di sinkronkan sama teknologi lain. Yang ada malah teknologi lain langsung ke database untuk dapat data bukan melalui Ax itu sendiri. untuk ref skripsi sih bisa saja. Tapi licensenya mahal. jadi kalo saya sarankan, kamu bikin saja dengan bahasa yang lain tapi konsepnya pakai punya ax atau ERP yang lain misal Compiere atau sejenisnya.

  4. Adityo says:

    mas apa yang harus saya kerjakan setelah saya menginstal AX? tolong berikan contohnya….terima kasih

  5. kok q masih bingung ya pk program itu?mohon info untuk alur proses secara urut agar bisa menghasilkan output yg diinginkan, misalnya laporan keuangan, laporan stok, rekapitulasi hutang-piutang, dll…makasih

  6. Vyor Oppier says:

    @Adityo : kalo kamu sudah install ax, masukan lagi contoh datanya trus kamu bisa coba fiturnya.

    @Ratrianu : Didalam ERP, semua modul saling terkait (Penjualan, Pembelian, Inventory, Keuangan,dll). Jadi kalo mau buat laporan keuangan, stock dan lain2 harus ada dulu transaksinya. artinya ada data. Untuk di Ax biasanya sudah dikelompokan kedalam group report didalam masing-masing modulnya. Untuk contoh detail saya agak sulit jelaskan disini. 😥 karena banyak banget prosesnya,..

  7. misalnya untuk proses agar menjadi jurnal, itu tahap yg harus di lewati apa aja??harus entri data apa aja?? Kalau semisal pada saat pengakuan utang, itu ketika membayar secara otomatis sistem akan menjurnal atau harus bikin jurnal lg?

    kalau ada modul tahap pengisian data menggunakan AX tolong d bagi dong 🙂

    • Vyor Oppier says:

      Di Ax itu based on parameter, jadi mau otomatis dan tidak itu tergantung settingan parameter. kalo proses Pembelian/Penjualan dan ingin supaya bisa diakui piutang/hutang, transaksi dimaksud harus diposting invoice. Setelah itu untuk journal payment itu bisa dibuat manual/otomatis ada di modul GL.

      Untuk modul2 itu saya ga bisa berikan .. 😥 itu punya perusahaan saya.

  8. Saya belum paham tentang modul (tolong berikan satu contoh saja yang sederhana dan mudah dimengerti),,,saya bukan orang ekonomi, jadi ga paham tentang proses bisnis di sebuah perusahaan x….

    ~Terima kasih~

    • Vyor Oppier says:

      Modul yang ada di Ax itu banyak salah satu contohnya adalah Purchasing(Pembelian). Modul ini memiliki peranan dalam mengelola data-data pembelian ke pihak ketiga(supplier) mulai dari permintaan barang yang akan dibeli, proses penawaran ke supplier penerimaan barang, pengakuan barang. Selanjutnya proses pembayaran ini melibatkan modul GL(General Ledger).

      Semoga membantu.

  9. Diah Ika says:

    Halo Mas, mau tanya. saya kan baru mulai pelajari untuk Dinamics AX ini. Kira-kira permulaan apa yang perlu saya ketahui mengingat basic pendidikan saya bukan IT. Mohon infonnya ya.

    Terima Kasih

    Diah Ika

  10. didik says:

    ketahuan klo yg menulis blog ini bukan user Dynamic AX…yg ada system ini ngga user friendly, report standard seperti stock status aja ngga ada…

    • Vyor Oppier says:

      Terima Kasih sudah comment di blog saya. Untuk user friendly kan tidak saya nilai dari ada report atau ga. Kalau mau yang komplit mas bro Ax 2012 R3. User friendly disini view kurang lebih bisa mengikuti standart Ms. Office. Atau kalau ditempat mas belum pakai Ax 2012 R3, tempat saya bisa bantu koq. :p

Leave a Reply

